Minggu, 21 Oktober 2018
B181710081 upacara adat Kalimantan timur
A-181710108 KRITIK TERHADAP PEMERINTAH
kelas : B NIM : 181710107 KEBUDAYAAN YANG BERDASARKAN PANCASILA
NAMA : JHONNY PRATAMA D.S
NIM : 181710107
KELAS : B
KEBUDAYAAN YANG MENGANDUNG NILAI PANCASILA KEBUDAYAAN MAMOHOLI SUKU BATAK TOBA SUMATERA UTARA
Salah satu kebudayaan tradisional di daerah bona pasogit medan, sumatera utara yaitu budaya mamoholi yang sudah ada atau sudah dilakukan sejak lama dari zaman nenek moyang suku batak toba, yang masih dilestarikan hingga saat sekarang. Dalam adat Toba, mamoholi disebut dengan manomu-nomu yang maksudnya adalah menyambut kedatangan (kelahiran) bayi yang dinanti-nantikan itu. Disamping itu juga dikenal dengan istilah lain untuk tradisi ini sebagai mamboan aek ni unte yang secara khusus digunakan bagi kunjungan dari keluarga hula-hula atau tulang.
Pada hakikatnya tradisi kebudayaan mamoholi adalah sebuah bentuk nyata dari kehidupan masyarakat Batak tradisional di bona pasogit yang saling bertolong-tolongan (masiurupan). Seorang ibu yang baru melahirkan di kampung halaman, mungkin memerlukan istirahat paling tidak 10 hari sebelum dia mampu mempersiapkan makanannya sendiri. Dia masih harus berbaring di dekat tungku dapur untuk menghangatkan badannya dan disegi lain dia perlu makanan yang cukup bergizi untuk menjamin kelancaran air susu (ASI) bagi bayinya.
Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu, maka saudara-saudara sekampung akan secara bergantian dari hari ke hari berikutnya mempersiapkan makanan bagi si ibu berupa nasi, lauk daging ayam atau ikan (na tinombur), jenis sayuran yang dipercaya membantu menambah produksi ASI (seperti bangun-bangun) dan lain-lain. Selain makanan siap saji,ada juga keluarga-keluarga yang membawa bahan makanan dalam bentuk mentah seperti beras, ayam hidup, ikan hidup dan yang lebih mentah lagi dalam bentuk uang. Sehingga paling sedikit untuk dua atau tiga bulan berikutnya si ibu yang baru melahirkan itu tidak perlu khawatir akan makanan yang ia bututuhkan untuk merawat bayinya sebaik-baiknya sampai ia kuat untuk melakukan tugas-tugas kesehariannya.
Kunjungan pihak hula hula atau tulang untuk menyatakan sukacita dan rasa syukur mereka atas kelahiran cucu itu adalah sesuatu yang khusus. Mungkin mereka akan datang beberapa hari setelah kelahiran bayi itu dalam rombongan lima atau enam keluarga yang masing- masing mempersiapkan makanan bawaannya, sehingga dapat dibayangkan berapa banyak makanan yang tersedia sekaligus.
Untuk menyambut dan menghormati kunjungan hula hula itu maka tuan rumah pun mengundang seluruh keluarga sekampungnya untuk bersama-sama menikmati makanan yang dibawa oleh rombongan hula hula itu. Setelah makan bersama, anggota rombongan hula hula akan menyampaikan kata-kata doa restu semoga si bayi yang baru lahir itu sehat-sehat, cepat besar dan dikemudian hari juga diikuti oleh adik-adik laki-laki maupun perempuan.
KETERANAGAN:
Setelah makan bersama, anggota rombongan hula hula akan menyampaikan kata-kata doa restu semoga si bayi yang baru lahir itu sehat-sehat, cepat besar dan dikemudian hari juga diikuti oleh adik-adik laki-laki maupun perempuan. "(KALIMAT INI MENUNJUKAN SILA PERTAMA)"
Alasannya: karena mereka berdoa ke pada tuhan yang maha esa
Pada hakikatnya tradisi kebudayaan mamoholi adalah sebuah bentuk nyata dari kehidupan masyarakat Batak tradisional di bona pasogit yang saling bertolong-tolongan (masiurupan).
Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu, maka saudara-saudara sekampung akan secara bergantian dari hari ke hari berikutnya mempersiapkan makanan bagi si ibu berupa nasi, lauk daging ayam atau ikan (na tinombur), jenis sayuran yang dipercaya membantu menambah produksi ASI (seperti bangun-bangun) dan lain-lain."(KALIMAT-KALIMAT TERSEBUT MENUNJUKKAN SILA KEDUA)"
Alasannya: karena ada rasa kemanusiaan untuk saling bertolong-tolongan membantu
B 181710015 - Gawai Dayak Bidayuh
A181710089 - Suara Rakyat untuk Pemerintahan
Saya akan menjelaskan kalau kritik terhadap pemerintah merupakan salah satu cara untuk mengetahui, seberapa besar keberhasilan pemerintah dalam membuat sebuah program yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Karena itu, jangan sampai masyarakat takut memberi kritik, karena ini niat baik,itu bisa menjadi masukan untuk pemerintah. Pemerintah juga perlu diingatkan dan terus dipantau mengenai apakah kebijakan yang diberikan sudah tepat atau belum. Pemerintah memang memerlukan kritik untuk menjadikan pemerintahan Indonesia menjadi lebih baik. Perlu ada pengawasan untuk pemerintah dalam menjalankan kebijakan-kebijakannya. Dalam pembukaan UUD 1945, dinyatakan bahwa Indonesia adalah "negara yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan: Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Berdasarkan hal ini, maka kekuasaan terbesar dalam negara Indonesia ialah rakyatnya. Oleh sebab itu, kita sebagai rakyat (walaupun bukan sebagai pemerintah) juga perlu turut serta membangun negara Indonesia menjadi lebih baik lagi. Caranya rakyat wajib turut mengawasi dan memberi masukan kepada pemerintah, baik masukan atas kekurangan atau pembangunan ke keadaan yang lebih baik. Sebagai rakyat, tidak boleh bersikap masa bodoh atau lemah (pasrah terhadap keadaan) terhadap keadaan negara dan jalannya pemerintahan. Lakukan perlawanan terhadap hal yang tidak benar. Contohnya, memilih ditilang daripada memberi uang "damai" pada petugas polisi lalu lintas, mengkritik keras (dalam batasan yang wajar) pada keadaan pemerintah yang buruk.Terkait isu politik yang kerap terjadi di masa kampanye seperti sekarang. Pemerintah menerangkan, elite-elite politik memiliki sebuah peran penting untuk mengedukasi masyarakat. Elite-elite politik perlu untuk mengedepankan adu ide dan gagasan. Pemerintah akan kembali menegaskan untuk menekankan adu program, ide dan gagasan dalam kontestasi politik. Maksud dari kata elite-elite politik menurut saya adalah sekumpulan atau sekelompok kecil orang-orang yang berkuasa yang menguasai kekayaan atau kekuasaan politik dalam masyarakat. Kelompok ini memiliki posisi yang lebih tinggi daripada rakyat jelata dan hak yang lebih besar daripada kelas masyarakat di bawahnya. Jadi kita sebagai rakyat Indonesia, janganlah terjebak pada berita hoaks,saling fitnah,saling mencelah, karena itu dapat menjatuhkan nama bangsa Indonesia. Oleh karena itu, yang namanya kritik itu boleh, tapi harus membedakan kritik dengan hoaks, mencela, memfitnah. Itu sangat beda sekali.Pola pembangunan saat ini belum apa-apa sudah merencanakan bangun tol laut, kereta, ini, itu..., tapi hal-hal yang kecil pun belum tersentuh atau diperbaiki. menurut saya jauh lebih baik jika pembangunan dimulai dari yang sederhana dulu, contohnya:
1. dalam aspek pemerintahan: Penataan kinerja birokrasi (ringkas, mudah, tanpa pungli, professional, melayani rakyat tanpa membeda-bedakan).
2. aspek pendidikan: Perbaikan kualitas pendidikan (pendidikan gratis dan subsidi bulanan bagi org miskin, perbaikan kualitas guru, pendahuluan pembentukan budi pekerti daripada pembentukan intelektual, perhatian pada kesejahteraan guru, pembangunan sekolah gratis yang layak pakai di daerah-daerah, apalagi daerah terpencil).
3. aspek memajukan kesejahteraan umum: Pembinaan masyarakat (pembinaan pengelolaan potensi alam pada kampung-kampung, gotong-royong, penyatuan ikatan kekeluargaan antar penduduk-penduduk kampung). Pembinaan program kb (untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk). Pembangunan tempat ibadah, apakah masjid, gereja, vihara, dan lain - lain. Penanaman kesadaran menjaga kebudayaan agar tidak musnah pada setiap suku adat. Memajukan sumber daya manusia, bukan hanya dari segi intelektualismenya, tapi juga dari segi kepribadiannya (mencintai lingkungan alam, menghargai sesama, tdk egois, pengertian, sabar, tekun, jujur, bertanggungjawab, berjiwa sosial/suka membantu).
4. aspek lingkungan: Menghentikan pengrusakan lingkungan alam, jangan menukar kelestarian lingkungan alam dengan uang, minyak, tembaga, dll. Hentikan penebangan hutan, baik dgn alasan untuk industri kelapa sawit atau komoditas lainnya! Hentikan pertambangan di Papua, baik oleh Freeport maupun pengusaha lokal! Jaga kelangsungan hidup makhluk di dalam laut! Gunung, sungai, hutan, pulau, laut tidak boleh dirusak dengan alasan apapun, apakah utk kesejahteraan masyarakat atau untuk memajukan perekonomian. Tanpa merusak lingkungan pun, sebenarnya masyarakat boleh mengambil keuntungan dari alam tanpa harus merusaknya, dalam arti 'kita boleh mengambil sumber daya alam, tapi harus dengan memperhatikan keutuhannya/pemulihannya kembali ke keadaan semula'. Jadi, jika kita mengambil sesuatu dari alam, kita juga perlu bertanggung jawab untuk mengembalikannya sama seperti kondisinya yang mula-mula. Contohnya: kalau pohon di hutan ditebang, harus memperhatikan kelangsungan hidup hewan-hewan di sekitarnya dan meninggalkan tunggulnya tetap di tanah agar dapat bertumbuh sekitar beberapa tahun mendatang; kalau menangkap ikan, jala yg digunakan harus yang berkotak-kotak besar agar yg ditangkap hanya ikan dewasa dan bukan anak-anak ikan.
5. aspek hukum: Bela kaum lemah dan tegakkan keadilan yang benar dengan pertanggungjawaban kepada Tuhan. Hakim atau jaksa jangan makan uang (tidak meminta uang dan menolak uang suap atau gratifikasi). Hakim atau jaksa bersyukur atas pendapatan yang diterima dari negara dan mencukupkan dirinya dan keluarganya dengan pendapatan bulanannya dari negara. Polisi selalu ingat pada pengabdian negara dan mengayomi warga.
6. aspek ekonomi: Tidak boros. apa yg dapat dihemat, dihemat. ingat pepatah menabung pangkal kaya? ya, dengan menabung dan tidak boros, tentu pundi-pundi negara dapat bertambah dan digunakan untuk kesejahteraan rakyat bersama. Coba lihat kasus pemborosan: jalan-jalan ke luar negeri berkedok studi ke luar negeri oleh anggota dpr, pengadaan fasilitas mewah bagi pejabat padahal tanpa fasilitas mewah pun baik-baik saja dan kesadaran untuk menggunakan uang negara secara bertanggung jawab. dari mana pendapatan negara? dari pajak, dari bumn, dari wisata, dan lain-lain. Ke mana pendapatan negara? untuk membiayai aparatur pemerintahan, pembangunan infrastruktur, memajukan kesejahteraan rakyat, menyediakan fasilitas kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat. Bukan untuk dikorupsi dan dihamburkan untuk kesenangan pribadi.
7. aspek politik: saya harap sebaiknya pilkada ditiadakan saja. apakah demokrasi = money politic, menjatuhkan org lain, menghalalkan segara cara untuk menang, manipulasi suara di tps supaya menang? apakah hanya org yang beruang banyak yang dapat maju sebagai kontestan kepala daerah, sedangkan org miskin yang punya komitmen untuk memajukan daerahnya tidak dapat menjadi kepala daerah? lalu apakah arti demokrasi itu? supaya kita diacungi jempol dan dipuji oleh pihak luar bahwa Indonesia adalah negara yang sangat demokrasi? apakah politik berarti sebentar boleh kawan dan sebentar boleh lawan tergantung situasi? tentu semuanya tidak. tetapi politik hanya ditujukan untuk satu hal, yaitu kesejahteraan masyarakat dan perbaikan kepribadian masyarakat. Jadi, siapa yang terpilih menjadi presiden, wakil, menteri, gubernur, bupati, walikota, kepala desa/rw harus amanah dan bagi yang kalah dalam pilkada harus turut mendukung pihak yang menang untuk kesejahteraan dan kemajuan daerahnya.
8. Aspek pelaksanaan suatu program: Banyak program yang baik di Indonesia, contohnya layanan kesehatan bpjs, sekolah gratis, pembangunan plta, bantuan sosial bagi rakyat tdk mampu, dll. Tapi hasilnya tidak ada atau tidak sepenuhnya terlaksana di lapangan, karena perencanaan yang tidak matang, kurangnya pengawasan dalam pelaksanaan, dan dan ketidakkonsistenan pelaksanaan. Contohnya: Perencanaan yang tidak matang: lihat layanan kesehatan BPJS begitu banyak masyarakat yg akhirnya setengah mati karena harus menunggu agar sampai giliran diperiksa dokter. Jadi kalau orang sudah mau mati, apakah harus menunggu sampai dapat giliran diperiksa dokter? Dan banyak dokter yang enggan mengikuti program BPJS atau yang setengah hati melayani pasien BPJS, dan kurangnya pengawasan dalam pelaksanaan: banyak dana bantuan pendidikan dan bantuan sosial dikorupsi, ketidakkonsistenan pelaksanaan terdapat larangan dan denda untuk buang sampah sembarangan. Tapi keseriusannya hanya ditunjukkan di awal-awal saja, setahun kemudian sudah pudar peraturan itu. juga, pola pelayanan birokrasi yang berubah dari tahun ke tahun. Coba berkunjung ke kantor layanan pengurusan pajak setempat, mungkin tahun ini begini, tahun depan lain lagi, tahun depannya lain lagi, tidak ada sebuah kondisi yang tetap dan konsisten / stabil yang menjadi pola pelayanan dalam jangka waktu yang sangat lama. Dan ada juga, beberapa isu – isu tentang Negara kita saat ini yang kita alami saat ini adalah Pertama tentang situasi perekonomian kita saat ini. Isu kedua adalah tentang kondisi sosial-ekonomi rakyat, terutama kalangan bawah, atas lemahnya perekomian saat ini. Isu ketiga adalah berkaitan dengan keadilan dan penegakan hukum. Isu yang keempat adalah tentang kedaulatan partai politik dan isu intervensi pemerintah. Isu yang kelima adalah berkaitan dengan posisi TNI & Polri dalam kehidupan nasional kita. Yang keenam adalah berkaitan dengan isu gerakan komunisme di Indonesia dan potensi terjadinya konflik horizontal. Isu yang terakhir, atau ketujuh, adalah berkaitan dengan peran pers dan media masa dalam kehidupan politik dewasa ini. Dan itulah isu – isu tentang Negara Indonesia yang masyarakat alami masa ini, kita juga harus lebih mendukung atau membantu pemerintah untuk memajukan Negara ini, karena kalau bukan kita siapa lagi yang memajukan Negara kita ini. Dan sebagai rakyat, tentu tidak boleh serta merta menyalahkan pemerintah saja, tetapi harus memperbaiki pribadi sendiri dan sadar untuk hidup baik, bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga, orang lain, dan Tuhan. Saya percaya dan optimis bahwa pemerintahan masa kini (Jokowi) lebih baik dibanding pemerintahan sebelumnya, bukan dari segi ekonomi, tapi dari segi keseriusan untuk memperbaiki negara (tidak korupsi, demokratis, amanah) tetapi harus mendengarkan kritik dari masyarakat, karena kritik yang pedas dan keras tidak ditujukan untuk menjatuhkan pemerintahan, tetapi untuk memperbaiki pemerintahan yang ada. Saya yakin, rakyat kita rindu terhadap pers yang peduli, kritis, adil dan berimbang, serta bertanggung jawab. Tidak harus sekeras dan seganas dulu ketika mengkritisi pemerintah, karena hal begitu sebenarnya tidak baik, tetapi absen dan nyaris diamnya pers justru membahayakan kita semua. Satu hal, orang bijak mengatakan "janganlah kita selalu membenarkan yang kuat, tetapi perkuatlah kebenaran".
Demikianlah kritik dari saya untuk pemerintahan masa kini , saya mendoakan Presiden Jokowi dan pemerintah bisa mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan dewasa ini dan juga sukses. Untuk seluruh tanah air, mari kita tingkatkan kepedulian kita kepada rakyat tercinta, serta mari kita carikan solusi atas kesulitan yang mereka hadapi dalam kehidupannya.
B181710022-KEBUDAYAAN YANG MENGANDUNG NILAI PANCASILA KEBUDAYAAN UPACARA ADAT ULUR-ULUR TELAGA BURET, DESA SAWO, KECAMATAN CAMPURDARAT, KABUPATEN TULUNGAGUNG JAWA TIMUR
A. 181710098 - Lapas Sukamiskin
A.181710098 - Lapas Sukamiskin
B181710076 - KEBUDAYAAN YANG BERKAITAN DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA "PESTA LOMBAN"
Kelas : B NIM : 181710035 KEBUDAYAAN YANG MENGANDUNG NILAI PANCASILA
KEBUDAYAAN YANG MENGANDUNG NILAI PANCASILA
NAMA : FACHRIAN ADHITYA
NIM : 181710035
KELAS : B (PAGI)
KEBUDAYAAN PARADJE KAB. SANGGAU KALIMANTAN BARAT
Salah satu kebudayaan tradisional di daerah sanggau, kalimantan barat yaitu paradje yang sudah dilakukan sejak lama dari zaman nenek moyang melayu muara kantu' yang masih dilestarikan hingga sekarang, tepatnya setiap tahun pada bulan juni, hal ini dilakukan agar kebudayaan paradje tidak tergerus oleh zaman dan sebagai amanah dari nenek moyang. Selain itu, keunikan dari acara ini adalah diundangnya para petinggi negara, raja-raja dari Kerajaan lain, baik yang ada di kalimantan Barat, luar pulau Kalimantan Barat hingga ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.
Pada kebudayaan paradje terdapat ritual-ritual, penampIlan kesenian daerah melayu sanggau, serta lomba-lomba, dan salah satu ritualnya yaitu mengelilingi kota sanggau dan sambil melantunkan asma allah swt, hal itu dimaksudkan untuk menjauhkan wilayah kota sanggau mara bahaya dan malapetaka dari berbagai macam musibah dan penyakit atau bencana alam.
Tujuan dari dilakukan festival tersebut adalah untuk melestarikan budaya leluhur. Budaya paradje sudah sangat mengakar dan sudah menjadi cikal bakal dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Sanggau yang perlu dilestarikan dan dipertahankan yang menyangkut budaya tidak lepas dari seni. Sebab, seni itu indah dan budaya merupakan suatu kearifan oleh nenek moyang dan merupakan hal yang patut dilestarikan dan dikembangkan kepada generasi yang akan datang. Hal tersebut dilakukan agar mereka tidak mudah terpengaruh dengan budaya-budaya asing yang bisa merusak iman, akhlak serta moral mereka.
Pada kebudayaan diatas dapat disimpulkan bahwa kebudayaan tersebut bermakna bahwa kita tetap percaya dan berserah kepada tuhan untuk melindungi dan menjaga negeri, alam, dan rakyat dari mara bahaya dan malapetaka dari berbagai macam musibah dan penyakit atau bencana alam, dan bermaksud menjaga dan menanamkan cinta negeri ini dalam bidang kebudayaannya agar tidak tergerus oleh zaman.
Kebudayaan tersebut bermakna berdasarkan nilai pancasila, tepatnya pada sila pertama yaitu "ketuhanan yang maha esa" dan sila ketiga yaitu "persatuan indonesia", pada sila pertama nilai yang terkandung dalam kebudayaan tersebut adalah percaya dan takwa kepada tuhan yang maha esa dan nilai kebudayaan pada sila ketiga yaitu cinta tanah air dan tetap melestarikan kebudayaan indonesia serta bangga terhadap kebudayaan negeri ini agar terciptanya persatuan dan kesatuan didalam sebuah kebudayaan.
A. Nim:181710027
B 181710095 .(Kebudayaan di Indonesia yang mengandung ide ide pancasila Kebudayaan atau tradisi upacara robok robok yang ada di Kalimantan barat)
A 181710004
PEMIMPIN RAKYAT
Kepemimpinan merupakan salah satu tanggung jawab yang sangat besar karna hal itu merupakan amanah dari Allah SWT. Baik atau tidaknya dia memimpin itu disebabkan oleh faktor dari pemimpin itu sendiri.pemimpin itu harus mampu memperngaruhi anggotanya sebab pada hakikatnya kepemimpinan adalah sebuah seni mempangaruhi serta memberikan motivasi rakyatnya untuk berkerja keras demi tujuan atau cita-cita untuk negara ini.
Seorang pemimpin rakyat harus mempunyai intergritas dan harus menguasai bidang ilmu negara dan agama,supaya dalam menentukan kebijakan dengan benar,seorang pemimpin rakyat itu harus sehat panca indra(mata,pendengaran dll.)sehingga tidak menggangu dalam melaksanakan tugas dan juga harus mempunyai badan yang normal(tidak lumpuh dan tidak cacat )karna itu dapat menghambat atau manganggu tugas dan harus berani untuk melakukan semua hal dan mempunyai kemampuan intelektual supaya mampu mengatas permasalahan rakyatnya.
Seorang pemimpin rakyat harus mempunyai kaidah dan adab karna seorang pemimpin rakyat harus mempunyai iman yang kuat dalam menjalankan kekuasaan yang sedang dijalani nya agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak dingginkan seperti korupsi karna korupsi itu adalah perkerjaan yang tidak halal atau dilarang oleh agama dikarenakan memakan uang masyarakat yang sedang membutuhkan,dan kebanyakan sekarang seorang pemimpin rakyat suka memakan uang yang bukan haknya.
Seorang pemimpin rakyat harus mempunyai adab karne seorang memimpin rakyat itu harus sopan dalam berkomunikasi yang dilakukan secara langsung atau tidak langsung dengan masyarakat atau dengan rekan kerjanya,karena dengan adab tersebut dapat memahami dan menjalankan keadilan terhadap dirinya dan orang lain yang ada didalam masyarakat dan harus mau berdekatan atau berbaur dengan rakyat kecil dan melepaskan semua rasa kesombongan karna rakyat kecil itu diperlakukan dengan baik dan penuh kasih.
Seorang pemimpin rakyat itu harus mampu member motivasi kepada rakyatnya supaya tercapainya tujuan yang telah direncanakan dan harus dapat memberikan kinerja yang bagus dan mempunyai visi dan misi untuk kemajuan negara dan harus dapat mengkoordinasikan aktivitas dari masyarakatnya agar dapat mencapai tujuan untuk negara dan harus mampu memberi arahan kepada rakyatnya supaya dapat member perubahan terhadap negaranya.
Seorang pemimpin rakyat itu tidak boleh tidak bertanggung jawab terhadap apa yang telah diputuskan olehnya dan dapat menerima segala resiko yang timbul dari keputusan yang di ambil dan seorang pemimpin rakyat itu tidak boleh hanya memerintah tetapi seharusnya itu dia dapat menciptakan komunikasi dengan rakyatnya atau bawahanya,dalam menjadi pimpinan rakyat tidak harus berjenis kelamin laki laki saja tetapi wanita juga bisa menjadi mempimoin rakyat selagi dia mampu dan pemimpin itu tidak pernah dilihat dari warna kulit,parasnya,agama dan sukunya tetapi dilihat dari cara pemikirannya,adab.akidah dll.dan seorang pemimpin rakyat itu tidak harus berpakaian mewah dan tidak harus menendarai kendaraan yang mewah tetapi pemimpin itu harus mempunyai pemikiran yang luas dan mempunyai tanggung jawab terhadap rakyat dan negaranya, pemimpin memiliki fungsi yang sangat penting untuk masyarakatnya didalam al-qu'an juga sudah dijelaskan tentang kepemimpinan maka kepemimpinan itu tergntung sejauh mana dia mampu mengaplikasikan kemulian yang ada diasmaul husna. Tanpa adanya pemimpin maka bentuk negara dan sistem negara ini akan berjalanan dengan baik tidak terpecah belah pasti ada perselisihan antara rakyat dinegara ini.
Seorang pemimpin rakyat harus mempunyai sistemdan tujuan untuk menjaga suatu kesetabilan negara yang dipimpim ,bukan malah memberatkan rakyat ataupun merugikan rakya karna sistem yang dibuat oleh pimpinan itu mempunyai pondasi yang kuat dimana tidak bisa diuba oleh rakyat,karna pimpinan yang baik bukanlah pemimpin yang keras,yang suka marah dan ditakuti karna kegarangan nya tetapi pimpinan yang baik adalah pimpinan yang mampu memimpin pengikutnya mencapai suatu tujuan tertendu dan dapat menjamin kebebasan dan kesamaan hak kesertaan yang diidamkan negara,akan tetapi harus berdasarkan norma yang dibentengi oleh peraturan dan hukum.
Seorang pemimpin rakyat itu harus dapat dipercaya oleh rakyatnya karna kalau tidak percaya pada pemerintah mau jadi apa negara ini nantinya mempunyai pemimpin tapi tidak dipercaya oleh rakyatnya sendiri.Pimpinan rakyat itu harus membuat persatuan dan kesatuan yang dimaksudkan adalah persatuan ddan kesatuan tentang cara hidup bersamaan karna negara ini adalah negara kesatuan dan memiliki bermacam suku dan agama yang berbeda,maka dari itu pemimpin harus bisa mempersatukannya supaya tidak terpecah belah dan harus mampu membangun kesadaran tentang hukum dan hak asasi manusia dan kepercayaan masyarakat terhadap pemimpinnya karna mendapatkan keprcayaan masyarakat tidaklah mudah walaupun dengan cara menyebarakan isu dan pencitraan yang berlebihan dan ketika sebuah sistem pemimpin dibuat berdasarkan kepercayaan masyarakat,maka masyarakat akan dengan senang hati patuh dan taan akan hukuman yang dibuat oleh pimpinan karna sistem ini dubuat berdasarkan dengan fakta dan kondisi yang ada pada msyarakay itu sendiri dan tidak menggada-ngada,karna tidak mungkin masyarakat akan menjadi masyarakat yang adil dan sejahtera ketika hak-haknya yang paling mendasar atau melekat pada dirinya tetapi hak itu tidak bisah dipenuhi oleh pimpinannya.
Seorang pemimpin rakyat harus peka terhadap pendidikan yang ada dinegara ini karna tingkat pendidikan dinegaraini cukup memperhatikan dikarenakan oleh faktor ekonomi yang juga melemah dikalangan orang-orang dikalangan bawah,dikarenakan susahnya lapangan perkerjaan dinegara ini.seharusnya pemimpin rakyat yang baik membuatkan lepaangan perkerjaan untuk rakyatnya supaya bisa berkeja dengan layak dan medapatkan gaji yang sesuai ehingga merka bisa memberikakan nafkah kepada anka-anak mereka dan tidak terjadinya gizi buruk pada anak anak dan menggurangi angka kemiskinan dinegara ini.
Seorang pemimpin rakyat itu harus memperhatikan pendidikan yang ada diindoneisa terutama pada bangunannya dan akses jalan yang ada dipelosok ,dikarenakan dipelosok sanak pendidikan nya sangat kurang dan guru yang mengajar pun sangatlah jarang dan bangunan sekolah yang ada dipelosok itu sudah tidak layak digunakakn lahi karena dikhawatirkan akan roboh dan bisa membahayakan keselamatan anak-anak yang ingin menempuh pendidikan yang kebih baik dan pimpinan harus peka terhadap akses jalan yang utuk menuju kotatidak ada sehingga mereka menempuh jalan yang membahayakan nyawa mereka dan ada pun jalan di pelosok sanak tetapi biasanya jalan nya usah sangat jelek dan ada juga jembatan yang putus sehungga menghambat perjalanan menuju kota sehingga warga pelosok sangatlah susah untuk membeli makanan dan pakai untuk sehari-hari dan perlengkapan sekolah jadi anak anak mereka sekolah denan pakaian yang seadanya saja walau pun begitu mereka masih semangat untuk menempu pendidikan jadi dari situlah pemimpin rakyat harus melihat sudut pandang utnutk segera membuat sekolah yang layak digunakan dan membuat akses jalan dari pelosok ke kota
Seorang pemimpin rakyat itu harus juga memperhatikan kesehatan masyaratnya yang ada di pelosok yang jauh dari rumah sakit dan membangun pukesmas agar masyarkat bisa memeriksa kesehatan mereka dan perawat,bidan yang ada disana harus yang benar benar mau bukan hanya bisa memakan gaji buta atau gaji yang tidak berkerja . seorang pemimpin rakyat itu harus bisa melihat kesenagan masyarakat bukan hanya bisa membuat masyarata menangis atau bersedih dikarnekan tidak adanya keadilan dinegara ini.
Menjadi seorang pemimpin rakyat tidaklah mudah dan memerlukan proses belajar yang panjang tetapi bukannya tidak mungkin kita menjadi seorang pimimpin,karena pada dasarnya manusia adalah seorang pemimpin meskipun hanya menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri karena ini sejalan dengan apa yang pernah disabdakan oleh Rasulullah "setiap orang adalah pemimpin dan kelak akan dimintakan pertanggung jawabberkaitan dengan kepemimpinanya"maka dari sinilah manusia dituntun untuk bisa mengontrol dirinya.
Tetap pada dasarnya kepemimpinan yang harus jujur karena kejujuran merupakan satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin dan bertanggung jawab dari hal yang paling kecil sampai hal yang paling besar dan harus bersikap adil dan bijaksana karena seorang pemimpin itu harus bijaksana dalam memandang masalah tersebut dari berbagai sisi dan menyelesaikannya berdasarkan diskusi dan tidak menyelesaikan nya sendiri, karena perbuatan ini akan dipertanggungjawabkan di suatu hari yaitu hari penghisaban,sekurang-kurangnya pemimpin harus memiliki tiga kriteria kepemimpinan yaitu adalah kebersihan hati kecerdasan pikiran dan juga keberaninan mental.