Landasan Dan Tujuan Pendidikan Pancasila
1. Landasan
Pendidikan Pancasila
Pancasila adalah dasar falsafah Negara Indonesia sebagaimana
tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Oleh karena itu, setiap warga Negara
Indonesia harus mempelajari, mendalami, menghayati, dan mengamalkannya dalam
segala bidang kehidupan.
Pancasila sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945
dalam perjalanan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia telah mengalami persepsi
dan intrepetasi sesuai dengan kepentingan rezim yang berkuasa. Pancasila telah
digunakan sebagai alat untuk memaksa rakyat setia kepada pemerintah yang
berkuasa dengan menempatkan pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan
bermasyarakat.
Nampak pemerintahan Orde Baru berupaya menyeragamkan paham
dan ideologi bermasyarakat dan bernegara dalam kehidupan masyarakat Indonesia
yang bersifat pluralistik. Oleh sebab itu, MPR melalui sidang Istimewa tahun
1998 dengan Tap. No.XVII/MPR/1998 tentang Pencabutan Pedoman Penghayatan dan
Pengamalan Pancasila (P4) dan menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara.
Pancasila sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan UUD 1945 adalah dasar Negara
dari Negara kesatuan RI harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan
bernegara
Landasan Historis
Berdasarkan landasan historis, pancasila dirumuskan dan
memiliki tujuan yang dipakai sebagai dasar Negara Indonesia. Proses
perumusannya diambil dari nilai-nilai pandangan hidup masyarakat.
Setiap bangsa mempunyai ideology dan pandangan hidup
berbeda-beda yang diambil dari nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam
bangsa itu sendiri. Pancasila digali dari bangsa Indonesia yang telah tumbuh
dan berkembang semenjak lahirnya bangsa Indonesia.
Kerajaan Majapahit, pada masa ini nilai-nilai ketuhanan,
seperti kepercayaan kepada Tuhan telah berkembang dan sikap toleransi juga
telah lahir, begitupula nilai kemanusiaan yang adil dan beradap dan sila
lainnya.
2. Landasan Kultural
Pancasila merupakan salah satu pencerminan budaya bangsa,
sehingga harus diwariskan kegenerasi penerus. Secara kultural unsur-unsur
pancasila terdapat pada adat istiadat, tulisan, bahasa, slogan, kesenian,
kepercayaan, agama, dan kebudayaan pada negara Indonesia secara umum.
Pandangan hidup pada suatu bangsa adalah sesuatu hal yang
tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan bangsa itu sendiri. Suatu bangsa yang
tidak mempunyai pandangan hidup adalah bangsa yang tidak mempunyai kepribadian
dan jati diri sehingga bangsa itu mudah terombang ambing dari pengaruh yang
berkembang dari luar negerinya.
3. Landasan Yuridis
Pancasila secara yuridis konstitusional telah secara formal
menjadi dasar negara sejak dituangkannya rumusan Pancasila dalam pembukaan UUD
1945. Didalam UU No. 2 Th 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional digunakan
sebagai dasar penyelenggaraan pendidikan tinggi, Pasal 39 ayat (2) menyebutkan
bahwa isi kurikulum pada setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib
memuat Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan →
Kurikulum Bersifat Nasioanal.
4. Landasan Filosofis
Pembahasan di dalam Pancasila berwujud dan bersifat
filosofis secara praktis nilai-nilai tersebut berupa pandangan hidup (filsafat
hidup) berbangsa. Mempengaruhi alam pikiran manusia berupa filsafat hidup,
filsafat negara, etika, logika dan sebagainya, sehingga memberikan watak
(kepribadian dan identitas) bangsa. Berdasarkan filosofis dan objektif, nilai-nilai
yang tertuang pada sila-sila Pancasila merupakan Filosofi bangsa Indonesia
sebelum mendirikan Negara Republik Indonesia. Pancasila yang merupakan filsafat
Negara harus menjadi sumber bagi segala tindakan para penyelenggara Negara,
menjadi jiwa dari perundang-undangan yang berlaku bagi kehidupan berbangsa dan
bernegara. Oleh sebab itu dalam menghadapi tantangan kehidupan bangsa yang
memasuki globalisasi, bangsa Indonesia harus tetap mempunyai nilai-nilai, yaitu
Pancasila sebagai sumber nilai dalam pelaksanaan kenegaraan yang menjiwai
pembangunan nasional dalam bidang politik, ekonomi, social-budaya dan
pertahanan serta keamanan.
Tujuan
Pancasila
Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia dan merupakan
pedoman pedoman bagi bangsa ini. Sebelum kita mengetahui tujuan pancasila, kita
harus tau isi yang tertera dari pancasila tersebut. Berikut adalah bunyi atau
isi yang tertera pada pancasila :
- Ketuhanan Yang Maha Esa
- Kemanusiaan yang adil dan beradab
- Persatuan Inidonesia
- Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
- Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia
Berdasarkan bunyi dari ayat ayat diatas kita sebagai rakyat
Indonesia perlu memahami dan mengamalkan pancasila sebab semua ayat-ayat yang
terkandung diatas sangat baik dilakukan sebagai petunjut diri ini untuk
melakukan semua kebaikan. Dengan mempelajari pendidikan pancasila seseorang
akan memndapatkan ketenangan hidup yang mengikuti perkembangan jaman saat ini
yang semakin maju dan berkembang. Melalui
Pendidikan Pancasila warga negara Indonesia diharapkan mampu
memahami, menganalisa dan menjawab
masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya secara berkesinambungan
dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional
Tujuan Pendidikan Pancasila
Rakyat Indonesia melalui majelis perwakilannya menyatakan,
bahwa pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan
berdasarkan kebudayaa bangsa Indonesia, diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan
serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia
yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, dan
mandiri, sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya, serta
dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas
pembangunan bangsa.
Pendidikan Pancasila mengarahkan perhatian pada moral yang
diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan
iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri atas
berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan
beradab, perilaku kebudayaan, dan beraneka ragam kepentingan perilaku yang
mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan
perorangan dan golongan. Dengan demikian, perbedaan pemikiran, pendapat, atau
kepentingan diatasi melalui keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Tujuan Nasional
Tujuan sebagaimana ditegaskan pembukaan tersebut diwujudkan
melalui pelaksanaan penyelenggaraan Negara yang berkedaulatan rakyat dan
demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan
pancasila dan undang-undang dasar 1945.
Tujuan pendidikan nasional
Berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan
mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan
nasional.
Misi dan visi pendidikan pengembangan Pendidikan Nasionaal
in, pendapat, atau kepentingan diatasi melalui keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesiaan berane kepribadian
Pendidikan pancasila sebagai salah satu dari mata kuliah
pengembangan kepribadian, memiliki misi dan visi yang sama dengan mata dengan
lainnya, yaitu sebagai berikut.
Misi pendidikan pancasila
Misi pendidikan pancasila menjadi sumber nilai dan pedoman
bagi penyelenggaraan program studi dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan
kepribadiannya.
Visi pendidikan pancasila
Bertujuan agar mahasiswa mampu mewujudkan nilai dasar agama
dan kebudayaa serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menenrapkan ilmu
pengetahuan, teknologi.
Kompetensi pendidikan Pancasila
Mencakup unsur filsafat pancasila, dengan kompetnsinnya
bertujuan menguasai kemampuan berpikir, bersikap rasional dan dinamis,
berpandangan luas. Adapun kompetensi yang diharapkan adalah sebagai berikut :
- Mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengambil sikap yang bertanggung jawab sesuai dengan hati nuraninya.
- Mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengenali masalah hidup dan kesejahteraan, serta cara pemecahannya.
- Melalui pendidikan pancasila, warga Negara Indonesia diharapkan mampu memahami, menganalisis, dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya sevara berkesinabungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional, seperti yang digariskan dalam pembukaan UUD 1945, sehingga dapat menghayati filsafat dan ideology pancasila, serta menjiwai tingkah lakunya selaku warga negar republik Indonesia dala melaksanakan profesinya.
Dasar substansi kajian pendidikan Pancasila
Berdasarkan landasan pendidikan pancasila sebagaimna yang
diuraikan di atas, maka substansi kajian pendidikan pancasila meliputi
pokok-pokok bahasan sebagai berikut.
- Pancasila sebagai filsafat
- Pancasila sebagai etika politk
- Pancasila sebagai ideologi pancasila
- Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa indonesia.
Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila
Mahasiswa
dapat memahami latar belakang historis kuliah pendidikan pancasila, dengan
memahami fakta budaya dan filsafat hidup bersama dalam suatu negara, dengan
cara mendiskusikannya diantara mereka, untuk itu harus didasari dengan
pemahaman dasar-dasar yuridis tujuan pendidikan nasional, pendidikan pancasila
serta kompetensi yang diharapkan dari perkuliahan pendidikan pancasila.
Pancasila Dalam Kontek Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia
Mahasiwa
mengetahui kronologis sejarah perjuangan bangsa Indonesia, yang meliputi kejayaan
zaman Sriwijaya Majapahit dan kerajaan lainnya. Menghayati perjuangan bangsa
melawan penjajah sebelum abad XX, serta perjuangan nasional. Memahami proses
perumusan dan pengesahan Pancasila dasar Negara Indonesia yang meliputi,
kronologis perumusan Pancasila dan UUD 1945, kronologi pengesahan Pancasila dan
UUD 1945. Memahami dinamika aktualisasi pancasila sebagai dasar negara, serta
dinamika pelaksdanaan UUD 1945.
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
Memberikan dasar-dasar ilmiah pancasila sebagai suatu kesatuan
sistematis dan logis. Untuk memahami dasar kesatuan perlu didasari oleh
pengertian teori sistem.
Pancasila Sebagai Etika bangsa
Proses pembelajaran mahasiswa diharappkan untuk memahami dan
mengahayati pengertian etika sebagai salah satu cabang filsafat praktis.
Berikutnya menjelaskan pengetian etika politik dan berdasarkan rincian
nilai-nilai yang bterkandung di dalam pancasila, agar mahasiswa diharapkan
memiliki kemampuan untuk menerapkan norma-norma etika yang terkandung dalam
pancasila dalam kehidupan keraryaan, kemasyarakatan, kenegaraan.
Pancasila Sebagai Ideologi Nasional
Mahasiswa dapat menjelaskan ideologi umum menjelaskan makna
ideology bagi bangsa dan negara. Menjelaskan pengertian macam-macam ideologi
yang meliputi ideologi terbuka, ideologi tertutup, ideologi komperehensif dan
ideologi partikular.
Pancasila Dalam Konteks Ketatanegaraan Indonesia
Mahasiswa juga diharapkan juga untuk memiliki kemampuan
untuk menjelaskan isi pembukaan UUD 1945, pembukaan sebagai
“staasfundamentalnom”, menjelaskan hubungan UUD 1945 dengan pancasila dan
pasal-pasal UUD 1945.