Sabtu, 25 Maret 2017

(161310665_03) Perilaku Konsumen

Studi perilaku konsumen terpusat pada cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. Hal ini mencakup apa yang mereka beli, mengapa mereka membeli, mengapa mereka membeli, kapan mereka membeli, dan seberapa sering mereka menggunakan nya.

Perilaku konsumen merupakan cabang antar ilmu pengetahuan. Teori-teori awal mengenai perilaku konsumen di dasarkan pada teori ekonomi, dengan pendapat bahwa individu bertindak secara rasional untuk memaksimumkan kekayaan (kepuasan) mereka dalam membeli barang barang dan jasa.

Proses pegambilan keputusan konsumsi dapat dipandang sebagai tiga tahap yang berbeda namun memiliki hubungan satu sama lain diantaranya:

1. Tahap Input
    Merupakan tahap yang mempengaruhi pengenalan konsumen terhadap
    kebutuhan atas produk dan terdiri dari dua sumber informasi utama, yaitu:
  •  Usaha pemasaran perusahaan (produk itu sendiri, harganya, promosi dan dimana ia dijual),
  • Pengaruh sosiologis eksternal atas konsumen (keluarga, teman-teman, tetangga, sumber informasi). Hal ini merupakan input apa yang di beli konsumen dan bagaimana mereka menggunakan apa yang mereka beli.   
2. Tahap Proses
    Merupakan tahap yang memfokuskan pada cara konsumen mengambil
    keputusan.
3. Tahap Output
    Merupakan pengambilan konsumen terdiri dari dua macam kegiatan setelah
    pengambilan keputusan yang berhubungan erat dengan perilaku membeli dan
    evaluasi setelah membeli. Percobaan merupakan tahap penyelidikan pada
    perilaku pembelian, yakni konsumen menilai.

Etika pemasaran biasanya memusatkan perhatian pada berbagai praktik pemasar. Studi mengenai filsafat etika mengemukakan dua kelompok teori yang berbeda yaitu:
1.  Teori Teleologi, berkaitan dengan nilai moral atas perilaku yang di tentukan
     besarnya nilai tersebut berdasarkan akibatnya.
2.  Teori Deontologi, berhubungan dengan metode dan maksud yang terkandung
     dalam perilaku tertentu.

Lingkungan perusahaan dan falsafah perusahaan perusahaan perusahaan merupakan faktor yang menentukan perilaku yang etis para karyawan perusahaan.
Konsep ini menghendaki agar semua pemmasar menaati prinsip-prinsip tanggung jawab sosial dalam memasarkan barang dan jasa mereka yaitu, mereka harus berusaha memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. 


Virus-free. www.avast.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar