1. Ide-ide yang berhubungan dengan Negara?
• MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF
Agar membantu membuka banyak lapangan pekerjaan,dapat menciptakan identitas bangsa,dapat merangsang kreativitaa dan inovasi, memberikan dampak positif.
• MENINGKATKAN KUALITAS SDM
Yang dimana SDM merupakan komponen terpenting. Dengan memiliki SDM yang berkualitas maka akan tercipta ide-ide baru yang kreatif dan kritis sehingga dapat meningkatkan perekonomian Negara.
• MEMANFAATKAN SDA DENGAN BAIK
Hanya sia-sia apabila suatu Negara memiliki sumber daya alam yang melimpah tetapi masyarakat nya masih belum dapat memanfaatkan secara maksimal.
• MEMANFAATKAN KECANGGIHAN TEKNOLOGI
Menjadikan media sosial untuk sebuah perubahan. Tetapi juga tetap berhati-hati dalam penggunaan media sosial, jangan sampai membawa dampak negatif yang besar seperti hilangnya jati diri bangsa dan krisis identitas
2. Teori pembentukan Negara menurut para ahli?
• TEORI KETUHANAN
Segala sesuatu terjadi karena kehendak Tuhan dan begitu juga dengan terbentuk nya suatu Negara bisa terjadi karena kehendak Tuhan.
• TEORI KEKUASAAN
Menurut para ahli yang mendukung ini Negara bisa terbentuk karena adanya kekuasaan. Kekuasaan berarti perjuangan hidup yang terkuat,memaksakan kemauannya kepada yang lemah. Jadi dalam teori ini orang kuatlah yang pertama-tama mendirikan Negara karena kekuatan nya ia memaksakan kehendaknya terhadap orang lain.
• TEORI HUKUM ALAM
Asal mula terjadinya Negara karena adanya keinginan dan kebutuhan manusia yang beragam sehingga menyebabkan mereka harus bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa berhubungan dengan manusia lain dan harus menghasilkan segala sesuatu yang melebihi kebutuhannya sendiri untuk dipertukar kan. Mereka saling menukarkan hasil karya satu sama lain dan kemudian bergabung dengan sesamanya membentuk desa. Hubungan kerjasama antar desa lambat laun menimbulkan masyarakat (negara kota).
• TEORI PERJANJIAN
Negara bisa ada karena perjanjian masyarakat. Teori ini disusun berdasarkan anggapan bahwa sebelum ada Negara manusia hidup sendiri-sendiri dan berpindah-pindah. Pada waktu itu belum ada masyarakat dan peraturan yang mengaturnya sehingga kekacauan mudah terjadi dimana pun dan kapan pun. Teori perjanjian di ungkapkan dalam buku "Leviathan" ketakutan akan hidup berciri survival of the fittest itulah yang menyadarkan manusia akan kebutuhannya. Negara yang di perintah oleh seorang raja yang dapat menghilangkan rasa takut. Demikian akal sehat manusia telah membimbing dambaan suatu kehidupan yang tertib dan tentram maka dibuatlah perjanjian masyarakat.
• TEORI HUKUM MURNI
Negara adalah suatu kesatuan tata hukum yang bersifat memaksa. Teori mengenai pembentukan dan perkembangan hukum secara formal terlepas dari isi material dan ideal norma-norma hukum yang bersangkutan.
• TEORI ORGANIS
Teori ini berpendapat bahwa Negara adalah suatu organisme selayaknya makhluk hidup. Komponen Negara diibaratkan sebagai sel-sel makhluk hidup yang mengalami kelahiran,pertumbuhan,perkembangan,dan kematian.
• TEORI MATI TUANNYA NEGARA
~ Faktor alam
Suatu negara lenyap secara alamiah misalnya karena gunung meletus, tenggelamnya pulau atau bencana lainnya.
~ Faktor sosial
Suatu Negara yang sudai diakui Negara-negara lain suatu ketika dapat lenyap antara lain adanya revolusi (kudeta yang berhasil) penaklukan,persetujuan dan penggabungan.
• TEORI KENYATAAN
Timbulnya suatu Negara merupakan soal kenyataan. Apabila pada suatu ketika unsur-unsur negara (wilayah,rakyat,pemerintah yang berdaulat) terpenuhi maka pada saat itu pula Negara itu menjadi suatu kenyataan.
3. Sejarah perjalanan nasionalisme Indonesia dimulai dari masa kolonialisme?
• Politik etis atau politik balas budi adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan bumiputera. Pemikiran ini merupakan kritik terhadap politik tanam paksa. Munculnya kaum etis yang dipelopori Pieter Brooshooft dan CTH Van Deventeer ternyata membuka mata pemerintah kolonial untuk lebih memperhatikan nasib para bumiputera terbelakang. Pengaruh politik etis dalam bidang pengajaran dan pendidikan sangat berperan dalam pengembangan dan perluasan dunia pendidikan dan pengajaran di Hindia-Belanda. Salah seorang dari kelompok etis yang sangat berjasa dalam bidang ini Mr. J.H Abendanon (1852-1925) seorang menteri kebudayaan agama dan kerajinan selama 5 tahun. Sejak tahun 1900 inilah berdiri sekolah-sekolah, baik untuk kaum priyayi maupun rakyat biasa yang hampir merata di daerah-daerah. Sementara itu dalam masyarakat telah terjadi semacam pertukaran mental antara orang-orang Belanda dan orang-orang Bumiputera. Kalangan pendukung politik etis merasa prihatin terhadap bumiputera yang mendapatkan deskriminasi sosil budaya untuk mencapai tujuan tersebut mereka berusaha menyadarkan kaum bumi putera agar melepaskan diri dari belenggu feodal dan mengembangkan diri menurut model barat yang mencakup proses emansipasi dan menurut pendidikan kearah swadaya.
• Gerakan pemuda 1908
Boedi oetomo suatu wadab perjuangan yang pertama kali memiliki struktur perorganisasian modern. Didirikan di Jakarta 20 mei 1908 oleh pemuda-pemuda pelajar mahasiswa dari lembaga stovia. Wadah ini merupakan refleksi sikap kritis dan keresahan intelektual terlepas dari primordialisme jawa yang ditampilkan nya. Pada kongres pertama Yogyakarta tanggal 5 oktober 1908 menetapkan tujuan perkumpulan yaitu kemajuan yang selaras buat negeri dan bangsa, terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian, peternakan dan dagang, teknik dan industri serta kebudayaan. Para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Belanda, salah satu nya Mohammad Hatta yang saat itu sedang belajar di Nederland Handelshogoeschool di Rotterdam mendirikan Indische Veteeninging yang kemudian berubah menjadi Indonesische Vereeninging tahun 1922 disesuaikan dengan perkembangan dari pusat kegiatan diskusi menjadi wadah yang berorientasi politik dengan jelas. Dan terakhir untuk lebih mempertegas identitas nasionalisme yang di perjuangkan . Generasi 1908 dengan misi utama nya menumbuhkan kesadaran kebangsaan dan hak-hak kemanusiaan dikalangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan. Dan mendorong semangat rakyat melalui penerangan-penerangan pendidikan yang mereka berikan untuk berjuang membebaskan diri dari penindasan kolonialisme.
• Sumpah pemuda
Sumpah pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda merupakan keputusan kongres pemuda kedua yang diselenggarakan dua hari 27-28 oktober 1928 di Batavia. Sumpah pemuda menegaskan cita-cita akan ada ditanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia
4. Dinamika sebelum dan sesudah proklamasi 1945
• Jepang menyerah kepada sekutu dan dibentuknya BPUPKI dan PPKI
Kekalahan Jepang kepada sekutu diperang dunia kedua ditandai setelah dijatuhkan nya bom atom di Hirosima pada 6 agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 agustus 1945. Berita kekalahan Jepang pun disambut baik oleh para rakyat Indonesia untuk segera memproklamasikan diri dari segera bebas. BPUPKI atau dukoritsu junbj cosakai di dirikan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia dengan dipimpin Radjiman Wedyodiningrat setelah itu BPUPKI berganti nama menjadi PPKI atau dukoritsu junbi inkai dan dipimpin oleh Soekarno dan Hatta.
• Peristiwa Rengas Dengklok
Golongan pemuda dan golongan tua dari pejuang duku sempat memiliki argumen panas menanggapi kapan seharusnya proklamasi dilakukan. Golongan muda seperti sultan syahrir,wikana,chaerul saleh,sukarni selalu mendesak agar proklamasi segera dilakukan. Mereka ingin mendapatkan kemerdekaaan dengan perjuangan sendiri dan bukannya karena hadiah dari Jepang.
• Dirumuskan teks proklamasi
Setelah dari Rengas Dengklok, Soekarno dan rombongan kembali ke Jakarta dan segera melakukan pertemuan untuj membahas persiapan proklamasi kemerdekaan. Pertemuan itu dilakukan dikediaman Laksana Maeda. Soekarno, Hatta, Sukarni, Ahmad soebardjo, Mbah Diro dan B.M Diah melakukan rapat untuk menentukan isi teks proklamasi. Setelah disepakati mengenai isi teks proklamasi kemudian ditanda tangani oleh Soekarno dan Hatta yang menjadi waki Bangsa Indonesia sebab mereka memiliki pengaruh yang besar bagi rakyat Indonesia. Lalu Soekarno memerintahkan Sayuti melik untuk mengetik teks proklamasi.
• Pembacaan teks proklamasi
Dilakukan pada Jumat 17 agustus 1945 dikediaman Soekarno Jl. Pengangsaan timur pada pukul 10.00 pagi. Soekarno di dampingi Hatta membacakan teks proklamasi, bendera sang merah putih juga dikibarkan. Indonesia pun dinyatakan telah merdeka dari penjajah dengan perjuangan tak kenal menyerah dari para pahlawan.
5. Peran pemuda dan Mahasiswa dalam proses pengawalan dan pengamalan ideologi pancasila sepanjang Indonesia merdeka
• Pemuda sebagai penggerak apalagi mahasiswa yang merupakan agent of control dimana mahasiswa wajib mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Dimana pancasila sebagai pedoman bangsa Indonesia. Mahasiswa sebagai agent of change mahasiswa sebagai agen perubahan, mahasiswa mampu mengubah mindset dan cara pandang pemuda yang mulai melupakan nilai-nilai Pancasila tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar