Senin, 27 Maret 2017

(161310672-03) usaha kecil mengenah dan pembangunan berkelanjutan

UKM merupakan wujud nyata kehidupan ekonomi di Indonesia. peran UKM mengembangkan sistem perekonomian. UKM harus menjadi salah satu strategi utama pembangunan nasional.dengan cara sistematis dan konseptual secara konsisten dan terus -menerus dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan (baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat di tingkat nasional, regional, maupun local)

Dalam pengembangan koperasi dan UKM, pemerintah telah menetapkan arah kebijakannya, yaitu:
  1. Mengembangkan UKM.
  2. Memperkuat Kelembagaan.
  3. Memperluas basis dan kesempatan berusaha.
  4. Mengembankan UKM sebagai produsen, dan
  5. Membangun Koperasi
UKM memiliki peranan penting Dalam pembangunan perekonomian di Indonesia.

selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja ukm juga berperan dalam perindustrian hasil-hasil pembangunan. Berdasarkan survey

usaha-usaha kecil termasuk usaha-usaha rumah tangga atau mikro (yaitu usaha dengan jumlah total penjualan (turn over) setahun yang kurang dari Rp 1 milyar. Sedangkan usaha-usaha menengah (yaitu usaha-usaha dengan total penjualan tahunan yang berkisar antara Rp 1 Milyar dan Rp 50 Milyar).
Dengan demikian, potensi UKM sebagai keseluruhan meliputi 99,9 persen dari jumlah total usaha yang bergerak di Indonesia. Dalam rangka program pembangunan paradigma yang bertumpu pada masyarakat atau pembangunan yang berpusat pada manusia


Konsep pelaksanaan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat tersebut  berlandaskan azas-azas:

  1. seluruh komponen
  2. Masyarakat madani
  3. Keberlanjutan

4.      Pendanaan bertumpu pada prinsip-prinsip: efisiensi, efektivitas,          transparansi, dan accountability serta dapat langsung diterima oleh masyarakat yang betul-betul memerluka

5.      .Peran-serta aktif

Upaya menegakkan kemandirian nasional untuk mengurangi beban hutang dan ketergantungan terhadap pinjaman luar negeri serta memperkuat ketahanan ekonomi nasional harus dibangun melalui penggalian dan mobilisasi dana masyarakat serta peningkatan partisipasi segenap unsur masyarakat madani. Kompetitor, kreditor, pelanggan, buruh, dan pemasok adalah faktor-faktor yang mempengaruhi performa UKM. Penguasaan pangsa pasar salah satu faktor yang menentukan sejauhmana daya kompetisi UKM. Sedangkan dari sisi sistem kredit, perburuhan, dan pelanggan juga sangat nyata mempengaruhi UKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar